Jumat, 06 Januari 2017

Cara Menampilkan Tampilan HP di TV

Cara Melihat Tampilan Hp di TV

Terkadang adakalanya ada keinginan untuk memutar video hasil rekaman dari hp ke layar TV agar lebih nyaman untuk dilihat bersama – sama sekeluarga. Ternyata tidak semua smartphone memiliki fitur tersebut, selain itu juga tv harus memiliki fitur yang mendukung.
Untuk menampilkan tampilan yang ada pada layar HP kemudian tayang di TV memerlukan perangkat tambahan, Apabila HP android ataupun tablet telah memiliki fitur WiFi Display serta pesawat televisi telah dilengkapi Wifi Built-In maka tidak ada kesulitan.

Sayangnya TV yang telah support WiFi tersebut masih cukup mahal harganya, sehingga bagi yang ingin memanfaatkan hp atau tablet untuk presentasi menggunakan projector atau tv layar lebar mesti menggunakan perangkat tambahan. Untuk menampilkan perangkat android ke TV atau projector dapat menggunakan :
  • Koneksi Kabel
  • Koneksi WiFi
Cara koneksi menggunakan kabel, maka yang perlu disediakan adalah kabel micro USB to HDMI . Dan apabila televisi pesawat televisi atau projector belum support HDMI maka perlu tambahan Converter HDMI to VGA.

micro USB to HDMI
micro USB to HDMI

Cara melihat tampilan hp di tv dengan koneksi tanpa kabel menggunakan “Miracast Dongle” cukup mudah pemasangannya serta pengguna lebih leluasa bergerak apabila digunakan untuk presentasi. Untuk menayangkan display dari smartphone ke tv atau projector menggunakan Miracast Dongle, instalasinya sebagai berikut :
  1. Pasang miracast dongle ke port HDMI dan USB pada TV, bila sudah terpasang pindahkan channel TV ke HDMI maka akan tampil blue screen berikut password untuk koneksi Wifi nya.
    Instalasi Miracast
  2. Download kemudian install aplikasi Ezcast dari Google Play pada perangkat android atau apple app store bila perangkatnya hp apple.
  3. Bila wifi pada hp sudah aktif, searching signal wifi EZ Cast kemudian koneksikan dengan password tersebut diatas. Bila koneksi berhasil maka akan tampil dashboard aplikasi EZ Cast pada smartpho seperti gambar dibawah maka siap untuk digunakan.
aplikasi miracast
Sedangkan langkah – langkah untuk mendisplay layar laptop ke perangkat lain atau istilahnya extend dari laptop ke tv ataupun projector menggunakan Miracast Dongle adalah sama dengan proses instalasi pada smartphone. Download aplikasi ke www.iezvu.com terlebih dahulu sesuai operating system laptopnya dengan register terlebih dahulu. Apabila aplikasi sudah diinstall kemudian aktifkan Mirror (ON) maka tampilan layar laptop terduplikasi di layar tv.
Jangan lupa berbagi, Thanks....

Sumber: handphonesmartphone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait